judul berjalan

Selamat Datang di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Tegalmulya

kembang api


Kamis, 21 Maret 2013

KURIKULUM 2013

KURIKULUM BARU SD/MI  TAHUN 2013

·  . Isi Draf Perubahan Kurikulum Baru SD/MI ( ditulis : 18 Nopember 2012 ) Sebelum kurikulum 2013 diuji publik sekitar November 2012 dan diterapkan mulai tahun ajaranbaru 2013, terlebih dahulu dipaparkan draf perubahan kurikulum tersebut ke Wakil Presiden RI Boediono. Pada Juni 2013 nanti direncanakan sekolah yang ada di Indonesia sudah mulaimenggunakan kurikulum baru. Penataan kurikulum pendidikan ini adalah salah satu target yang harusdiselesaikan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 di sektor pendidikan.
Perubahan kurikulum mulai dari sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP),sekolah menengah atas (SMA), dan sekolah menengah kejuruan (SMK) ini dilakukan untuk menjawabtantangan zaman yang terus berubah agar anak-anak ini mampu bersaing di masa depan. Kurikulum baru SD menekankan aspek kognitif, afektif, psikomotorik melalui penilaian berbasistest dan portofolio yang saling melengkapi. "Siswa untuk mata pelajaran tahun depan sudah tidak lagibanyak menghafal, tapi lebih banyak kurikulum berbasis sains," kata M Nuh. Berikut adalahperubahan kurikulum pendidikan baru untuk tingkat SD.Pelajaran berbasis tematik Sebelumnya hanya pada kelas rendah saja pelaksanaan pembelajaran tematik, dan kelastinggi setiap mata pelajaran terkesan terpisah atau berdiri sendiri. Untuk kurikulum baru, anak-anakSD tidak lagi mempelajari masing-masing mata pelajaran secara terpisah. Pembelajaran berbasistematik integratif yang diterapkan pada tingkatan pendidikan dasar ini menyuguhkan proses belajarberdasarkan tema untuk kemudian dikombinasikan dengan mata pelajaran yang ada.
·  2. Hanya ada 6 mata pelajaran Untuk tingkat SD, saat ini ada 10 mata pelajaran yang diajarkan, yaitu Pendidikan Agama,Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, Seni Budaya danKeterampilan, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, serta Muatan lokal dan Pengembangandiri. Pada kurikulum baru, mata pelajaran untuk anak SD yang semula berjumlah 10 mata pelajarandipadatkan menjadi 6 mata pelajaran, yaitu Agama, PPKn, Matematika, Bahasa Indonesia,Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, serta Seni Budaya.Pramuka menjadi ekskul wajib Seperti diberitakan sebelumnya, khusus untuk Pramuka adalah mata pelajaran atau ekstrakurikuler wajib dan itu diatur dalam undang-undang. Pramuka ini akan jadi ekskul wajib untukberbagai jenjang tidak hanya di SD. Nantinya akan juga akan bekerjasama dengan Kemenpora.Bahasa Inggris hanya sebagai kegiatan ekskul Sebelumnya terjadi polemik mengenai bahasa Inggris di SD, yaitu bahasa Inggris akandihapus dari kurikulum SD. Rencana penghapusan bahasa Inggris dari kurikulum SD ini didasarikekhawatiran akan membebani siswa dan memprioritaskan terhadap penguasaan Bahasa Indonesia.Ternyata untuk tingkat SD ini, di kurikulum baru 2013 Bahasa Inggris termasuk dalam kegiatan ekstrakurikuler bersama dengan Palang Merah Remaja (PMR), UKS, dan Pramuka.Mapel IPA dan IPS diintegrasikan dengan 6 mapel lain Empat mata pelajaran yang dulu berdiri sendiri, yaitu IPA, IPS, muatan lokal, danpengembangan diri, di kurikulum baru SD akan diintegrasikan dengan enam mata pelajaran lainnya.Untuk mata pelajaran IPA akan menjadi materi pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia danMatematika. Mata pelajaran IPS akan menjadi pembahasan materi pelajaran Bahasa Indonesia danPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Sedangkan mulok dan pengembangan diri itukaitannya nanti dengan Seni BudayaBelajar di sekolah lebih lama Ternyata pemadatan mata pelajaran dalam kurikulum baru ini justru membuat lama belajaranak di sekolah bertambah. Metode baru pada kurikulum ini mengharuskan anak-anak untuk ikut aktifdalam pembelajaran dan mengobservasi setiap tema yang menjadi bahasan. Untuk kelas I-III yangawalnya belajar selama 26-28 jam dalam seminggu bertambah menjadi 30-32 jam seminggu.Sedangkan untuk kelas IV-VI yang semula belajar selama 32 jam per minggu di sekolah bertambahmenjadi 36 jam per minggu. Itulah isi perubahan kurikulum baru yang akan diterapkan pada tahun ajaran baru Juni 2013untuk anak-anak SD. Sistem pembelajaran berbasis tematik integratif ini telah dijalankan di banyak
·  3. negara, seperti Inggris, Jerman, Perancis, Finlandia, Skotlandia, Australia, Selandia Baru, sebagianAmerika Serikat, Korea Selatan, Singapura, Hongkong, dan Filipina. Penambahan jam belajar disekolah dianggap masih sesuai karena dibandingkan negara lain, Indonesia terbilang masih singkatdurasinya untuk anak usia 7-9 tahun. Dengan pemadatan mata pelajaran dan pembelajaran berbasistema ini, anak-anak juga tidak akan lagi kerepotan membawa buku yang banyak dalam tasnya.

Paste From : (Lativi Al-Falucky)

1 komentar :

  1. SALAM PERJUANGAN !!!!

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Sistem Kemenag Indramayu ang telah dibangun baik oleh pendahulu, kini setelah hampir 3 (tiga ) tahun kepemimpinan sdr Yayat Hidayat menjadi rusak dan ambruk, indikatornya adalah sebagai berikut :
    1. Tidak ada orientasi memperbaiki kemenag dengan sistem kaderisasi yang profesional, bahkan sebaliknya dibangun siapa yang mau bergabung berani bayar berap, semua karyawan diarahkan bermental berebut jabatan dengan harga yang berani bayar besar, maka itu yang direkrut tanpa ada pertimbangan profesionalitas dan integritas, rusaknya sistem ini peluang otoriter dengan memasang tarif promosi-promosi jabatan sejak Rp 5 Juta hingga Rp 100 Juta, ditambah lagi mutasi-mutasi staf dengan tidak pakai aturan. Dengan cepat, karena setiap keluar SK harga minimal Rp 400 ribu ( hanya untuk seorang pelaksana ) semakin lebar peluang korupsinya. Sebagai bukti coba cek profesionalisme dan integritas pejabat yang bernama SOPANDI,FURQON, AHSAN (Kecil-kecilnya suruh memaparkan VISI, MISI, KEBIJAKAN )
    2. Berani menyeleweng terjadi pada tahun 2012 memotong bantuan RKB madrasah madrasah swasta masing-masing RP 19 Juta X 80 Madrasah =Rp 1.520.000.000 ( Satu Milyar Limaratus dua puluh juta rupiah ), saya yakin sulit dibuktikan , tetapi ini fakta yang terjadi, perlu diusut tuntas secara profesional dan berani mengkondisikan pelaksana RKB. Belanja barang dengan menunjuk sat CV yang dapat meraup keuntungan besar, karena belanja barangnya tidak direalisasikan oleh CV dengan semestinya ( silahkan konfirmasi dengan perencana saat itu ).Keuntungan Kepala Kemenag lebih dari Rp 300 Juta.
    3. KUA juga dipaksa jadi ATM dengan maksa suruh setor RP 5 Juta per KUA setiap bulan ( 30 KUA x Rp 5 Juta =Rp 150 Juta tiap bulan )
    4. Berani menggunakan aset negara untuk keuntungan pribadi, yaitu menyewa Aula Kemenag untuk kuliah S2 kelas jauh UNMA ( Universitas Majalengka ) dengan disewakan per semester Rp 50 Juta x 4 Semester x 2 Angkatan = Rp 400 Juta masuk kantong sendiri.
    5. Berani mengkondisikan blangko ijasah wajib bayar Rp 1000 per siswa x 20000 peserta ujian Tingkat MI, MTs dan MA =Rp 20 juta begitu juga dengan SKHUMBN dengan harga yang sama. Jumlah seluruh Rp 40 Juta.
    6. Pengurusan NUPTK dibisniskan dengan harga Rp. 50.000 bagi yang sudah punya Nomor, yang belum punya Rp 100.000 dan yang mutasi Rp 75.000, kalau rata-rata Rp 75.000 x 2000 guru saja sudah Rp 150.000.000 ( Seratus Lima puluh juta )
    7. Penerbitan SK fungsional guru yang ditanda tangani sdr Yayat perlembar dihargai Rp 100.000 x 1500 PNS jumlahnya Rp 150 Juta
    8. Tunjangan Sertifikasi bagi guru PA Kemendiknas dan guru honorer setiap pencairan dipotong Rp 50.000, jika x 500 Guru =Rp 25 Juta ditambah setiap pengurusan pencairan diminta Juga.
    9. Untuk memperlancar kekuasaannya itu membuat kader yang tidak punya kemampuan apa-apa (kasi-kasi ) di Kemenag itu dicoba kompetensinya, ngomong aja blegag-blegug dengan harapan akan menjadi penguasa tunggal da untuk memperkuat dirinya menunjuk broker ( yang mengaku dirinya orang dekat dengan Yayat ) untuk mencari magsa siapa yang siap jadi pejabat/ dapat proyek dengan catatan siap bayar besar. Broker-broker adalah sdr Amir Fuad Khozin, Sdr.Maman, Sdr Sukarlan, sdr Warnita dan sdr Lukman (kepala MTs Swasta Kertasmaya )

    BalasHapus